06 September 2008

Insomnia..

gileeee... gw abis saur malah ga bisa tidur, padahal tadi udah makan bubur, gimana dong brur???

"yaudah deh cerita-cerita aja siapa tau ketiduran"

emang beberapa minggu blakangan ini agak susah rasanya tidur, padahal badan udah lemas.. jeleknya yah, kalo udah tidur susaaahhhh bbbuuuannngggeettttt buat bangun lagi... huh serba salah.. padahal jam gadang udah dipasangin weker biar satu kampung kebangun.. tetep aja saya lelap asyik masyuk dalam mimpi...

kalo ga bisa tidur emang paling enak cerita-cerita dulu ya, coba situ dulu waktu kecil juga sering diceritain cerita-cerita pengantar tidur sama papah ato mamahnya kan ya? (bagi yang tidak mohon maaf jangan iri kalo iri dibubarin) ada cerita si kancil kalo orang indonesah, kalo orang inggris kan critanya robin hood, kalo orang jerman hansel and gretel, kalo orang cina ada crouching tiger hidden dragon ato god of gambler, kalo orang jepang ada legenda maria ozawa atau mungkin miyabi bagi yang taunya beda versi... nah kalo keluarga saya emang suka rada aneh, sukanya ngarang-ngarang cerita sendiri.. misalnya seperti pada sekenario berikut ini...

*ini hanya rekonstruksi adegan, omongan saya mungkin berbeda pada waktu umur 5-6 tahun saat kisah ini berlangsung*

markontie kecil : "beh gw kaga bisa tidur beh"

babeh: "oh anakku mengapa kau tidak bisa tidur?? tidakkah kau tadi sudah minum susu tiga kaleng"

markontie kecil: "yah si babeh susunya dicampur kopi sih... mau 3 galon juga kaga bakal ngantuk ada juga kembung masuk UGD"

babeh: "ya... sudahlah anakku tidak perlu kau pusingkan itu.. mungkin memang sudah saatnya babeh cerita sesuatu padamu.. yaitu tentang..,"

markontie kecil:"jodoh saya kelak beh..?"

babeh: "hush kau ini anak kecil pikirannya sudah sampai ke situ.. bukan! babeh mau cerita tentang dongeng tangkuban perahu.."

"ah bosen.."

"kalo malin kunn.."

"basi..!"

"dang.... =S ee yaudah ini aja cerita suzanna mau?"

"ih babe sok-sok berani cerita horor, tiap emak nonton alfret hitchcock aja pasti berantem minta ganti ke dunia dalam berita, aaah masa ga ada cerita yang baru, yang pres gitu beh?"

"ee ni anak udah nyolot berani ngatain lagi, suwi-suwi tak pecat jadi anak kowe... yowes ini cerita original babe"

lalu si babeh pun bercerita...

*nah kalo yang ini kata-katanya persis asli sama seperti yang diceritain aslinya*

Babeh : "Pada jaman dahuluu.. jakarta masih sepiiiiiii skali.. yang ada cuma mito'et (mikrolet -red), sama tupuk (kerupuk -red)..
tiba- tiba ada tuk tengki (tangki minyak -red) minyak... jalann... eee tiba2,, bannya nggembosshh (gembos atau bocor -red).."

*karena mungkin saya udah ketiduran ato babeh saya yang ketiduran, ceritanya cuman sampai disitu saja..*


menggantung, memang saya akui.. tapi bukankah jaman skarang lagi tren crita yang akhirnya gantung?? lagian juga banyak bahasa yang original di cerita itu... MORAL CERITA : Jakarta sekarang bisa macet gara-gara ada trek tangki minyak yang gembos, dan sampe skarang kaga diganti bannya, makanya belakangnya orang2 pada tan tin tan tin klakson...
walaupun pada akhirnya emak saya memberikan penyelesaian cerita dengan lagu berikut (maaf hanya lirik, lain kali akan saya rekam dan upload)

*dikasih kord mayor tujuh biar sedikit bernuansa jazz lounge yang bikin ngantuk*

reff:

tengkii miiinyaak,, tengkii minyaak,, tengki minyaknya jaaalaaan
Cmaj7 Am7 C#dim Dm7

tengkii miiinyaak,, tengkii minyaak,, tengki minyaknya jaaalaaan
G7 Dm7 G7 Cmaj7 C#dim

back to reff:

sayangnya pada kehidupan aslinya tengki minyaknya ga jalan-jalan alias jakarta masih tetap macet... mungkin sekarang bukan tengki minyak, tapi metromini yang masyaallah bikin emosi kalo lagi ngetem!! huh coba tampangnya kaga serem2 batak2 kaya preman priuk, tapi kaya teletubbies pasti udah saya cubitin pipinya sama ditampar2 dikit karena gemas.. tapi ah yasudahlah.. yang penting sampe tujuan dengan slamet yang kebetulan sama dengan nama mantan supir saya

yak kembali ke masalah asal yaitu INSOMNIA alias penyakit orang ganteng (contoh:penulis -red) alias penyakit kaga bisa tidur.. apakah insomnia itu? by definition, insomnia adalah sebuah ketidaknormalan perilaku tidur yang ditandai dengan kesulitan berkelanjutan untuk bisa jatuh tertidur atau tetap tertidur walau ada waktu dan kesempatan yang pas.. bahasa belandanya sih susah tidur.. kalo orang insomnia beneran mereka bener2 ga bisa "mengistirahatkan pikiran" atau menutup mata barang beberapa menit pun.. fiuhh alhamdulillah gw ga sampe begitu deh...

ternyata insomnia tuh ada pola-polanya lho.. bukan, bukan minuman bersoda itu, itu namanya coca-cola.. kalo ini polanya berhubungan dengan kapan seseorang itu susah tidur...

  1. Onset Insomnia - Kesulitan tidur di awal malam, sering dihubungkan dengan kegelisahan pikiran (belum bayar utang kah barangkali? atau belum bayar pajak? kan udah ada iklannya tuh, kalo ga bayar pajak, apa kata dunia???)..
  2. Middle-of-the-Night Insomnia - Kesulitan tidur lagi setelah terbangun tengah mlm atau bangun terlalu pagi (mungkin malemnya junub jadi abis tidur langsung mandi, kan abis mandi seger tuh? nah ga bisa tidur lagi deh, wajaar)..
  3. Middle Insomnia - Tengah malem kebangun, kesulitan untuk tetap tidur.. diasosiasikan dengan pain syndromes atau alasan medis (biasanya orang lagi diare atau berak-berak karena kebanyakan makan cabe suka begini)..
  4. Terminal Insomnia - kebangun pas subuh.. katanya sih karakteristik clinical depression atau depresi akut.. kalo menurut saya sih itu orang shaleh, inget solat subuh, saya aja suka bolong-bolong astaghfirullah...

banyak sih sebabnya ga cuman banyak pikiran doang.. yah contohnya seperti:

  • Drugs atau stimulants, termasuk beberapa jenis obat, rempah2, kafein, kokain, amfetamin, sabu2, MSG, pil koplo, viagra, irex max, neo hormoviton dan sebagainya, dijamin atas bawah susah tidur..
  • cewe2 yang lagi dapet lebih rentan insomnia karena ada hormon2 tertentu yang muncul pada saat tersebut..
  • Mental disorder : Bipolar disorder, depresi, schizophrenia, obsessive compulsive disorder.. pernah dengar?masa ga pernah?salah gaul lo ah.....
  • hyperthyroidism alias gondok (ini gondok beneran loh! walaupun ga bisa dipungkiri gondok akibat dicuekin pacar atau dicengin di depan gebetan atau dimarahin bonyok gara-gara cabut skolah juga bisa bikin kaga bisa tidur kadang-kadang)
  • anyang-anyangen : tau ga? itu loh kadang-kadang suka pernah kan, rasanya kebelet kencing tapi pas kencing ga keluar apa2 malah sakit? uh itu ga enak banget men, rasanya mendingan sunat lagi dah (eh jangan ding tar abis) beuh kalo udah kaya gitu bener-bener ga bisa tidur.. kenapa sebabnya bisa anyang-anyangen?akan saya bahas di topik lainnya..

Apakah anda mengalami hal-hal diatas? berikut saya berikan tips-tips menarik untuk mengatasinya, bukan hanya menarik! tapi juga bisa dibuktikan kemanjurannya insyaallah =D !!! jika anda tidak bisa tidur, sulit tidur, padahal capek, dan bosan dengan kehidupan ini! maka segeralah ambil pisau dan tusuk jantung anda send....eh maka jangan marah-marah!karena makin ga bisa tidur lagi nanti.. lakukan saja beberapa hal berikut ini:

  • Minum susu hangat sebelom bobo, bagi yang sudah punya istri bisa minum susu istrinya (maksudnya susu hangat yang dibuatkan istrinya, no sex SARA and politics -red) itu paling yahud..
  • Mandi air hangat, terbukti melancarkan peredaran darah shingga badan lebih rileks alhasil tidur lebih nyenyak, insyaallah...
  • Berolahraga intensif selama kurang lebih setengah jam di siang hari.. kalo mau lebih nyenyak tidurnya, bisa ditambah durasinya hingga setengah hari alias 12 jam... bisa bobo di RSCM mungkin ya..
  • Makan siang yang banyak dan mengurangi porsi makan malam dengan jeda waktu antara tidur dan makan sebanyak 3 jam...
  • Jangan melakukan aktivitas yang terlalu bersemangat di malam hari, misal: demo BBM, tawuran, proklamasi kemerdekaan, latihan jiujitsu, dll.. kurangi juga aktivitas dugem bagi yang senang melakukannya hai kau anak-anak yang mengaku berpergaulan luas..
  • menghindari mengekspos mata dengan cahaya berlebihan terutama blue light atau sinar biru, beberapa jam sebelum waktu tidur... hmm mungkin karna silau men!
  • Menggunakan aromaterapi, sperti minyak jasmin, minyak lavender, namun hindari aromaterasi karena bisa bikin bersin-bersin.. apalagi kalo dibikin sambel goreng, malah bikin laper.. pake ikan nila goreng, beuh nikmat..!wahh eh udah imsak ding,,ga boleh crita-crita makanan ah, makruh katanya hihi...
  • dengarkan lagu-lagu slow, namun hindari lagu-lagu band poser indonesia yang terlalu komersial yang namanya haram disebut disini karena takut menimbulkan fitnah.. benar, cintailah musik dalam negeri, tapi ada yang kurang.. harusnya cintailah musik dalam negeri yang bermutu.. yang original dan memang pantas disebut karya seni... ayo produser musik indonesia jangan cari duit doang donk, kasih kesempatan orang lain untuk memperkenalkan musik mereka ke publik dengan gaya dan minat mereka yang beda dari yang beda...
  • hypnotheraphy... di hipnotis biar tidur...
  • metode binaural beats yang bisa membantu seseorang menyetel gelombang otak atau brainwavenya ke frekuensi tertentu yang merepresentasikan saat-saat otak mereka sedang dalam fase deep sleep..
  • telpon guru-guru atau dosen-dosen yang punya ilmu menidurkan, atau biasa bawa gas tidur pas kuliahnya, suruh ngajar dirumah kita.. kalo saya sih ya, 99,9% pasti bisa tidur... sayang metode ini kurang realistis..
  • nulis blog... terbukti kurang manjur, buktinya saya masih bisa menulis sampai disini..
  • sebisa mungkin hindari pil tidur, dapat menimbulkan ketagihan.. artinya seseorang secara psikologis men-deny bahwa dia bisa tidur tanpa bantuan pil itu... sehingga alam bawah sadarnya berkata "kalo saya ingin tidur ya harus minum obat tidur cap kuda binal ini" misalnya
tapi yah biasanya orang paling-paling ga bisa tidur itu kalo ada masalah ya, kalo masalahnya udah slese biasanya hati tenang, pikiran enteng.. kalo belom yah mau gimana-gimana pasti kepikiran juga.. cuma kalo mau ati tenang ada tips-tipsnya juga, tapi biarlah kali ini opick dengan lagu tombo atinya yang berbicara... pasti dah pernah denger? belum pernah juga? gaul dikit dong... yaudah kalo belon pernah ya donlot ajah... saya udah cape ngetik.. mau tidur, ngantuk, wassalam..

2 Comments:

  1. Ridu.web.id said...
    wahaha.. gila aja kalo anak kecil didongengin legenda maria ozawa.. wakakka..

    biar bisa tidur sih intinya adalah kecapean.. ya udah lo buat deh diri lo kecapean, kaya keluarin lemari dari kamar trus lo masukin lagi.. hahaha..
    Vidya said...
    duh kayaknya kalo lg insomnia mah segala cara dicoba jg tetep aja mata sulit merem

Post a Comment